materi kuliah
sejarah stti-stieni
STTI-STIENI
LOGO KAMPUS
LOGO
Arti LOGO
1. Bunga Wijayakusuma:
Mengandung makna, mempunyai hikmah pancaran kehidupan
abadi dengan melalui proses belajar-mengajar yang tiada henti
dan selalu menyesuaikan terhadap kemajuan dan
perkembangan
2. Bunga Wijayakusuma dengan susunannya:
Mengandung makna, dalam melaksanakan kegiatan Tri
Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan
Pengabdian kepada masyarakat selalu berpedoman dan
berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945
3. Dua Tangan Bersatu menengadah
Mengandung makna, "persembahan" kepada nusa dan
bangsa, sumber daya manusia yang berkualitas dalam
bidang Ilmu Pendidikan dan Teknologi, dengan keimanan
dan ketaqwaan yang tangguh
Mengandung makna, mempunyai hikmah pancaran kehidupan
abadi dengan melalui proses belajar-mengajar yang tiada henti
dan selalu menyesuaikan terhadap kemajuan dan
perkembangan
2. Bunga Wijayakusuma dengan susunannya:
Mengandung makna, dalam melaksanakan kegiatan Tri
Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan
Pengabdian kepada masyarakat selalu berpedoman dan
berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945
3. Dua Tangan Bersatu menengadah
Mengandung makna, "persembahan" kepada nusa dan
bangsa, sumber daya manusia yang berkualitas dalam
bidang Ilmu Pendidikan dan Teknologi, dengan keimanan
dan ketaqwaan yang tangguh
VISI & MISI
STTI
VISI :Menjadi Perguruan Tinggi Terkemukan yang Handal dan Profesional di bidang Teknologi serta memiliki daya saing yang tinngi baik di lingkungan Nasional, Regional maupun International
MISI : Menyelenggarakan Pedidikan Teknologi yang Profesional , Handal, Cakap, trampil di dunia kerja seseuai dengan kompetensinya dan mampu mengembangkan kreativitasdan inovasi Teknologi di Lingkungan Nasional, Regional maupun International
STIENI
VISI :Menjadi Perguruan Tinggi Terkemukan yang Handal dan Profesional di bidang Ekonomi serta memiliki daya saing yang tinngi baik di lingkungan Nasional, Regional maupun International
MISI : Menyelenggarakan Pedidikan Ekonomi yang Profesional , Handal, Cakap, trampil di dunia kerja seseuai dengan kompetensinya dan mampu mengembangkan kreativitasdan inovasi Teknologi di Lingkungan Nasional, Regional maupun International
VISI :Menjadi Perguruan Tinggi Terkemukan yang Handal dan Profesional di bidang Teknologi serta memiliki daya saing yang tinngi baik di lingkungan Nasional, Regional maupun International
MISI : Menyelenggarakan Pedidikan Teknologi yang Profesional , Handal, Cakap, trampil di dunia kerja seseuai dengan kompetensinya dan mampu mengembangkan kreativitasdan inovasi Teknologi di Lingkungan Nasional, Regional maupun International
STIENI
VISI :Menjadi Perguruan Tinggi Terkemukan yang Handal dan Profesional di bidang Ekonomi serta memiliki daya saing yang tinngi baik di lingkungan Nasional, Regional maupun International
MISI : Menyelenggarakan Pedidikan Ekonomi yang Profesional , Handal, Cakap, trampil di dunia kerja seseuai dengan kompetensinya dan mampu mengembangkan kreativitasdan inovasi Teknologi di Lingkungan Nasional, Regional maupun International
SEJARAH BEM
Dalam
perjalanannya hingga saat ini begitu banyak hal yang telah dilewati, hingga
tetap kokoh berdiri hingga masa kini, BEM STTI-STIENI yang beranggotakan dari seluruh elemen
mahasiswa (7 jurusan ) di lingkunagn STTI-STIENI ini, memiliki sejarah panjang yang menarik
untuk disimak lebih tajam.
Sejak berdiri dari tahun 1987 STTI-STIENI
mengalami naik turun arus kehidupan social dan sempat fakum pada tahun
2009.kampus di non aktifkan dan tidak ada aktifitas kampus.
Pada
tahun 2012 dengan pempinan yang baru kampus mulai menerima mahasiswa baru
lagi.dengan keadaan kampus yang pernah fakum dan fasilitas yang kurang
memuaskan mahasiswa baru merasa tertipu dan akhairnya mereka mengadakan
pertemuan pertama antar jurusan dengan di wakili perwakilan masing masing
terdiri antara lain
1. .Nyuhardian jurusan Manajemen
2. Ramdhani jurusan Akutansi
3. Rudi Jurusan
Arsitek
4. Agus rianto Jurusan elektro
5. Agus salim Jurusan Sipil
6. Erpiansyah Jurusan TI
7. Rahmad Jurusan TI
8. . Jurusan
Mesin
Hasil pertemuan tersebuat akhirnya mereka mengundang pihak
pimpinan kampus untuk dapat hadir mendengarkan aspirasi kita pada pertemuan selanjutnya.
Pada pertemuan kedua dengan dihadiri perwakilan jurusan
dengan pimpinan-pimpinan kampus para perwakilan menyampekan aspirasi mereka
pihak kampus berjanji akan memenuhi semua aspirasi mahasiswa dengan cara
pertahap dan pihak kampus meminta di bentuknya Senat Mahasiswa dan Bem
Mahasiswa untuk mempercepat akreditasi kampus.
Pada pertemuan ketiga pada tgl 4 mei 2013 para perwakilan
jurusan yang di hadiri kurang lebih 50 mahasiwa membicarakan hasil pertemuan
kedua dan mereka sepakat untuk pembentukkan senat mahasiswa dan BEM .tetapi
karena terbatasnya waktu akhirnya pemilihan di laksanakan secara musyawarah dan
voting.terpilihlah Agus Salim sebagai ketua SENAT Mahasiswa dari jurusan
elektro dan Nelson dari jurusan teknik informatika sebagai wakil,sedangkan di
BEM terpilihnya Nyuhardian dari manajemen dan di damping Rudi Sirait dari
arsitek sebagai wakil BEM selanjutnya membentuk kabinet yang di beri nama
KABINET BERSAMA dengan di setujui oleh semua peserta musyawarah tersebut.
Tetapi dalam menjalankan proses berjalannya BEM mempunyai
kendala dari segi finansial.pihak kampus belum bisa menuruti semua keinginan
mahasiswa.seiring berjalannya waktu dan
beberapa kali pergantian cabinet.BEM terus mengawal dan mendampingi kampus
untuk kemajuan bersama dan sampai tahun 2016 telahterbentuknya 7 Himpunan dan 4
UKM
Himpunan yang sudah terbentuk
1. Himpunan akutansi (HMJ AKSI)
2. Himpunan manajemen (HIMMASI)
3. Himpunan teknik informatika (HIMTI)
4. Himpunan arsitek (ARSTTI)
5. Himpunan Sipil (HMTS)
6. Himpunan Elektro (HIMTER)
7. Himpunan Mesin (HIMTEKMI)
Dan telah terbentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
1. Mahasiswa pecinta Alam (MAPASS)
2. Open Arts (OP)
3. Persekutuan mahasiswa katolik-kristen
(PMK)
4. Mahasiswa Rohani Islam (MARISS)
SUMPAH MAHASISWA INDONESIA
Kami mahasiswa Indonesia bersumpah:
1. Bertanah air satu, tanah air tanpa penindasan
2. Berbangsa satu, bangsa yang gandrung akan keadilan
3. Berbahasa satu, bahasa tanpa kebohongan
1. Bertanah air satu, tanah air tanpa penindasan
2. Berbangsa satu, bangsa yang gandrung akan keadilan
3. Berbahasa satu, bahasa tanpa kebohongan
Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri
dari 3 poin , yaitu : 1. Pendidikan dan Pengajaran 2. Penelitian dan
Pengembangan 3. Pengabdian kepada Masyarakat Tri Dharma Perguruan Tinggi bukan
hanya menjadi tanggung jawab mahasiswa. Seluruh dosen (pendidik), serta orang –
orang yang terlibat dalam proses pembelajaran ( sivitas akademika) memiliki
tanggung jawab yang sama. 1. Pendidikan dan Pengajaran. Pendidikan dan
pengajaran adalah point pertama dan utama dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Pendidikan dan pengajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu
proses pembelajaran. Undang – undang tentang pendidikan tinggi menyatakan bahwa
pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, ahlak mulia serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Dari pengertian pendidikan diatas maka
proses pembelajaran yang ada di perguruan tinggi memiliki peranan penting untuk
mencipkan bibit – bibit unggul. Pendidikan dan pengajaran yang baik akan
menghasilkan bibit unggul dari suatu perguruan tinggi yang akan mampu membawa
bangsa ini kearah bangsa yang lebih maju . lulusan – lulusan yang berkualitas
dari perguruan tinggi akan menjadi penerus bangsa yang membawa Indonesia kearah
yang lebih maju. Sesuai dengan pembukaan undang – udang dasar 1945 yang
berbunyi, mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka pendidikan dan pengajaran harus
menjadi pokok dan sumber utama dalam mencapai tujuan dari perguruan tinggi. 2.
Penelitian dan Pengembangan Peneitian dan pengembangan juga sangatlah penting
bagi kemajuan perguruan tinggi,kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa
dan negara. Dari penelitian dan pengembangan maka mahasiswa mampu mengembangkan
ilmu dan teknologi . pada penelitian dan pengembangan mahasiswa harus lebih
cerdas, kritis dan kreatif dalam mejalankan perannya sebagai agent of change.
Mahasiswa harus mampu memanfaatkan penelitian dan pengembangan ini dalam suatu
proses pembelajaran untuk memporoleh suatu perubahan – perubahan yang akan
membawa Indonesia kearah yang lebih maju dan terdepan. 3. Pengabdian Kepada
Masyarakat Menurut undang – undang tentang pendidikan tinggi, pengabdian kepada
masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan
dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan
kehidupan bangsa. Pengabdian kepada masyarakan dapat dilakukan dengan berbagai
kegiatan positif. Pada hal ini mahasiswa harus mampu bersosialisasi dengan
masyarakat dan mampu berkontribusi nyata. Seperti yang kita ketahui selama ini
bahwasannya mahasiswa adalah penyambung lidah rakyat, agent of change dan
lainya. Maka dari itu mahasiwa haru mengetahui porsi dari tugas meraka masing –
masing dalam mengabdi kepada masyarakat.


Posting Komentar
0 Komentar